Sejarah

Pada tanggal 14 Maret 2010 didirikan Malang Youth Orchestra oleh Agung Siregar, seorang sarjana Musik lulusan Institute Kesenian Jakarta. Terinspirasi oleh gerakan El Sistema di Venezuela tentang bagaimana Musik dapat berkontribusi bagi negara dengan mengentaskan kemiskinan “Mental”. Pada awalnya Orkestra ini hanya memiliki beberapa anggota dari 3 sekolah. Pada tahun 2011 Orkestra ini mulai mendapat banyak dukungan dari beberapa orang yang mau terlibat sebagai volunteer. Orkestra ini mulai berkembang baik organisasi, kuantitas dan kualitas. Orkestra ini juga mendapat dukungan donasi dari beberapa individu maupun lembaga yang mendukung Orkestra ini dapat bertumbuh dengan lebih baik lagi.

Dalam perjalanannya Orkestra ini sering bintang tamu maupun pengiring dalam beberapa event lokal seperti event tahunan sekolah, wisuda/graduation maupun konser musik dengan konsep klasik. Pada tahun 2012 Malang Youth Orchestra berganti nama menjadi Dwipantara Youth Orchestra. Pergantian nama tersebut dikarenakan orkestra ini memiliki visi yang besar dalam art project dan pendidikan bagi bangsa ini. “Dwipa” yang berarti Pulau, “Antara” yang berarti gugusan. Dwipantara memiliki arti Nusantara atau Archipelago, Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang sangat besar.

Dwipantara Youth Orchestra merupakan bagian dari Dwipantara Art Project for Indonesia yang merupakan sebuah proyek pendidikan seni yang turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Menjadi akses bagi anak-anak Indonesia dari berbagai golongan, secara khusus dari golongan menengah kebawah hingga golongan tidak mampu untuk dapat turut serta menikmati dunia seni.

Ditahun 2015 ini kami mengembangkan beberapa metode pendekatan selain dari pendekatan seni Musik. Pada tahun 2015 ini kami menggunakan pendekatan melalui Seni Tari, Seni Teater dan Seni Rupa. Beberapa pameran lukis pernah diselenggarakan oleh Dwipantara dan mengudang reaksi yang positif bagi masyarakat.

Ditahun 2015 ini selain di kota Malang, kami juga hadir di kota Denpasar, Bali. Berharap dapat berbagi pengalaman serta berkat yang kami dapat selama ini di kota Denpasar, Bali.